Pantai Lovina

Pantai Lovina ini salah satu keindahan wisata yang sangat membanggakan di ragam obyek wisata indonesia  kalah cantik dari pantai-pantai lain di Pulau Dewata. Hanya saja, pasirnya berwarna hitam asli tidak seperti pantai di Bali pada umumnya. Ombak di bibir pantai pun relatif tenang dan bersahabat sehingga memungkinkan pengunjung berwisata ke tengah laut dengan perahu nelayan.

Atraksi yang paling dicari dari Lovina adalah pertunjukan lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus). Anda dapat menyaksikan hewan pintar tersebut melompat-lompat di lautan lepas bersama kelompok mereka. Biasanya mereka muncul pada pagi hari ketika Matahari baru mulai menyingsing.

Pantai Lovina

Pantai Lovina beradah di Desa Kalibukbuk sendiri terletak di dekat pantai berbentuk teluk sehingga pemandangannya cukup indah. Dahulu desa ini dijadikan pelabuhan sehingga tak mengherankan jika begitu ramai dengan perdagangan dan pertukaran budaya. Laut Lovina pun tak kalah mempesona, terdapat bunga-bunga karang indah dan ikan yang bervariasi.

Sejarah Lovina tidak bisa lepas dari sosok Anak Agung Panji Tisna yang pernah mengelilingi Eropa dan Asia. Ia tertarik dengan cara hidup dan kondisi penduduk di Bombay, India, yang membuatnya berpikir untuk menerapkan wawasannya pada pembangunan masyarakat di Kabupaten Buleleng.

Kembali dari luar negeri pada 1953, Anak Agung Panji Tisna segera menyatakan aspirasinya dan mulai membangun sebuah pondok bernama Lovina di tanah miliknya. Tempat ini berupa penginapan yang dilengkapi 3 kamar tidur dan restoran di pinggir laut, sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berlibur.

Lovina berasal dari kata love yang berarti cinta, dan ina yang dalam bahasa bali berarti ibu, sehingga namanya merujuk pada arti: cinta ibu pertiwi. Nama Lovina sempat tidak boleh digunakan karena dianggap tidak dikenal di Bali. Karena itu, pengusaha selanjutnya pernah menggunakan nama-nama seperti Manggala, Krisna, Angsoka, Nirwana dan masih banyak laggi.

Keindahan Pantai Lovina

Keindahan Pantai Lovina – Pantai Lovina juga tidak terlalu terkenal bagi warna negara Indonesia, namun pantai yang berlokasi di Bali utara ini menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali. Atraksi utama yang ditawarkan pantai berpasir hitam ini adalah lumba-lumba. Pada saat Anda sampai di Pantai Lovina, hal pertama yang akan Anda lihat adalah patung lumba-lumba raksasa yang merupakan ikon dari pantai ini.

Untuk dapat melihat lumba-lumba bermain dan meloncat-loncat di habitat aslinya, Anda harus datang ke pantai ini pada pagi hari, kalau bisa sebelum matahari terbit. Semakin pagi Anda datang, maka semakin besar kesempatan Anda untuk bermain bersama lumba-lumba karena pada siang hari lumba-lumba akan berenang menjauh dari pantai. Jumlah lumba-lumba yang dapat Anda lihat di Pantai Lovina tidak hanya 1-2 ekor saja, melainkan puluhan hingga ratusan lumba-lumba, sangat sayang sekali bila dilewatkan keindahan Pantai Lovina.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s